Belajar Join Tabel Pada Sistem Basis Data

Join Table
Assalamualaikum sahabat ikut belajar blog, sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada sahabat-sahabat yang telah berkunjung pada blog Ikut Belajar, blog yang sederhana ini tidak seperti blog-blog lainnya. yaps mari kita mulai belajarnya. dipostingan sebelumnya kita sudah Belajar Microsoft SQL Server pada Sistem Basis Data. kita lanjut sekarang Belajar Join Tabel Pada Sistem Basis Data. yuk langsung saja ke TKP.





JOIN TABLE
SQL server mempunyai statement Select yang mampu menampilkan data dari dua atau lebih table ke dalam suatu hasi query. Operator yang digunakan untuk mencari data dari beberapa table berdasarkan hubungan logis table-tabel yang ada disebut JOIN. SQL Server mampu menggabungkan table-tabel hingga 256 tabel. Ada 3 jenis JOIN yang umum dipakai, sebelum kita masuk ke masing-masing JOIN kita terlebih dahulu membuat 2 buah tabel yang mempunyai hubungan logis.

INNER JOIN
Baik kita mulai dengan yang pertama dari JOIN, inner join paling sering digunakan dalam menggabungkan dua ataupun lebih table. Mempunyai dua jenis secara umum yaitu :

a.   Tanpa alias
Tanpa alias disini diartikan bahwa nama table tidak dialiaskan atau tetap disebut secara panjang.
Sebagai contoh ;
Tampilkan kode_brg,nama_brg,kode_supplier dari table barang dan supplier.
Jawab;
Select barang.kode_brg,barang.nama_brg,supplier.kode_supplier from barang,supplier
Where barang.kode_supplier=supplier.kode_supplier

Hasilnya akan muncul ketiga kolom yang diminta yaitu
kode_brg,nama_brg,kode_supplier.

Penjelasan masing-masing baris perintah:
o   Select
barang.kode_brg,barang.nama_brg,supplier.kode_supplier Disini kita menentukan kolom kode_brg itu berasal dari table mana, begitu juga kolom-kolom yang lain. Karena kode_brg dan nama_brg itu berasal dari table barang maka cara penulisannya adalah nama_tabel.nama_kolom itu berarti cara penulisannya barang.kode_brg, begitu juga dengan nama_brg
yaitu barang.nama_brg, dan juga selanjutnya.

o   from barang,supplier
disini sesuai dengan ketentuan soal bahwa kita akan mengambildata dari table barang dan supplier

o   Where barang.kode_supplier=supplier.kode_supplier

Disinilah fungsi JOIN terjadi, karena kita akan menggabungkan dua buah table yang ada. Sintaksnya diawali dengan predikat WHERE lalu diikuti dengan menggabungkan dua table. menggabungkan dua table disini dilakukan dengan cara menentukan kolom mana dari dua table tersebut yang sama, itu
mudahnya. Secara teori kita tentukan kolom-kolom yang saling berhubungan. Disini melalui primary key dan foreign key. Baik secara gampangnya saja, kita tentukan kolom mana yang sama dari dua buah table diatas. Kolom itu adalah kode_supplier bukan? Apabila tidak percaya silahkan cek lagi dua buah table tersebut.

Sekarang cara pemanggilannya sama dengan penjelasan perta
yaitu, karena kode_supplir ada dua berarti tinggal dipanggil
seperti ini barang.kode_supplier=supplier.kode_supplier


Sebagai contoh dan latihan, coba kerjakan soal berikut:
Tampilkan nama_barang, harga, jumlah, kode_supplier dari
table barang dan supplier.

b.   Dengan alias
Disini nama table diberikan alias atau singkatan sesuai dengan huruf depan dari nama table tersebut. Contoh table Barang diberi inisial/alias B, supplier inisialnya S, dan lain sebagainya. Cara penggunaannya sama seperti tanpa alias, sebagai contoh :

Tampilkan kode_brg,harga,jumlah,kode_supplier dari table barang dan
supplier.
Jawab:
Select B.nama_brg,B.harga,B.jumlah,S.kode_supplier From barang B, supplier S
Where B.kode_supplier = S.kode_supplier


Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Baik dan Sopan
No Spam
No Link

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog ini