Belajar ERD Entity Relationship Diagram Pada Database

Assalamualaikum sahabat Ikut Belajar Blog, kita tetap belajar Basis Data dulu yach. dipostngan sebelumya kita sudah Belajar Normalisasi Pada Database. sekarang kita Belajar ERD Entity Relationship Diagram Pada Database. yuk mari mulai Belajarnya. langsung saja ke TKP.





ERD   merupakan   notasi   grafis   dalam   pemodelan   data   konseptual   yang mendeskripsikan hubungan antara penyimpanan ERD  digunakan  untuk  memodelkan  struktur  data  dan  hubungan  antar  data, karena hal ini relatif kompleks.

Dengan ERD kita dapat menguji model dengan mengabaikan proses yang harus dilakukan. Dengan ERD kita mencoba menjawab pertanyaan seperti :
o   Data apa yang diperlukan ?
o   Bagaimana data yang satu berhubungan dengan yang lain ?

. Notasi dan artinya
a.  Entiti : adalah suatu objek yang dapat diidentifikasi dalam lingkungan pemakai, sesuatu  yang  penting  bagi  pemakai  dalam  konteks  sistem  yang  akan  dibuat.
Sebagai contoh pelanggan, pekerja, mahasiswa, dll.
o   Contoh  :  Seandainya  A  adalah  seorang  pekerja  maka  A  adalah  isi  dari pekerja, sedangkan jika B adalah seorang pelanggan maka B adalah isi
dari pelanggan.

o   Karena  itu  harus  dibedakan  antara  entiti  sebagai  bentuk  umum  dari deskripsi tertentu dan isi entiti seperti A dan B dalam contoh diatas.

o   Himpunan  entitas  :  merupakan  sekelompok  entitas  sejenis  dan  berada dalam lingkup yang sama. Misalnya Mobil merupakan himpunan entitas; sedangkan suzuki, toyota, honda merupakan entitas

o   Entiti digambarkan dalam bentuk persegi panjang

.  Atribut   :   Entiti   mempunyai   elemen   yang   disebut   atribut,   dan   berfungsi mendeskripsikan karakter entiti. Misalnya atribut nama pekerja dari entiti pekerja.o   Setiap ERD bisa terdapat lebih dari satu atribut

  • Entiti digambarkan dalam bentuk elips

Hubungan : menunjukkan adanya hubungan / relasi diantara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda
o   sebagaimana  halnya  entiti  maka  hubunganpun  harus  dibedakan  antara hubungan atau bentuk hubungan antar entiti dengan isi dari hubungan itu sendiri.
o   Misalnya dalam kasus hubungan antara entiti siswa dan entiti mata_kuliah adalah mengikuti, sedangkan isi hubungannya dapat berupa nilai_ujian.

o   Hubungan digambarkan dalam bentuk diamonds / jajaran genjang

Silahkan Download Ebook Kelanjutanya di link Berikut 

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Baik dan Sopan
No Spam
No Link

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog ini