Belajar Constraint Pada Sistem Basis Data

Assalamualaikum sahabat ikut belajar blog, sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada sahabat-sahabat yang telah berkunjung pada blog Ikut Belajar, blog yang sederhana ini tidak seperti blog-blog lainnya. yaps mari kita mulai belajarnya. dipostingan sebelumnya kita sudah Belajar Data Definition Languange pada Sistem Basis Data. kita lanjut sekarang Belajar Constraint Pada Sistem Basis Data. yuk langsung saja ke TKP.

CONSTRAINT
Constraint  adalah  istilah  untuk  menerapkan  integritas  data  pada  suatu database. Integritas data merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kebenaran data di dalam suatu file database. Salah satu kelebihan yang menonjol dari penggunaan constraint adalah bahwa fasilitas constraint dapat ditambahkan atau dihapus dari suatu table tanpa harus menghapus  atau mengubah  table itu sendiri. Setiap constraint harus memiliki nama yang unik dalam suatu database

1.      JENIS-JENIS CONSTRAINT
  1. PRIMARY KEY
Primary  key  disebut  sebagai  constraint  dengan  tujuan  untuk  menjaga  integritas data, yaitu bahwa sebuah primary key tidak boleh mempunyai duplikat dan secara otomatis tidak null.

  1. FOREIGN KEY
Foreign key adalah field pada sebuah table yang menunjukkan bahwa field tersebut adalah primary key dari table lain. Untuk jelasnya foreign key

  1. UNIQUE
Constraint unique fungsinya hamper sama dengan constraint primary key, dimana  keduanya  digunakan  untuk  menerapkan  integritas  entitas/table.

  1. CHECK
Constraint check digunakan untuk menjamin bahwa nilai kolom berada dalam ruang lingkup nilai tertentu

Untuk Format Penulisan dari Primary key, Foreign Key, Unique dan Check selahkan Download di Link Berikut.

1 comment

October 5, 2016 at 8:35 AM

link downloadnya mati gan

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Baik dan Sopan
No Spam
No Link

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog ini