Belajar Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Assalamualaikum sahabat ikut belajar blog, sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada sahabat-sahabat yang telah berkunjung pada blog Ikut Belajar, blog yang sederhana ini tidak seperti blog-blog lainnya. yaps mari kita mulai belajarnya. kita lanjut sekarang Belajar Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Prototyping adalah salah satu pendekatan dalam rekayasa
perangkat lunak yang secara langsung mendemonstrasikan bagaimana sebuah
perangkat lunak atau komponen-komponen perangkat lunak akan bekerja dalam
lingkungannya sebelum tahapan konstruksi aktual dilakukan (Howard, 1997).
Tahapan Rekayasa Perangkat Lunak
- Pola umum tahapan rekayasa perangkat lunak
- analysis
- design
- implementation (coding)
- testing
- maintenance
Analisis
Analisis sistem adalah sebuah teknik pemecahan masalah yang
menguraikan sebuah sistem menjadi komponen-komponennya dengan tujuan
mempelajari seberapa bagus komponen-komponen tersebut bekerja dan berinteraksi
untuk meraih tujuan mereka.
Analisis mungkin adalah bagian terpenting dari proses
rekayasa perangkat lunak. Karena semua proses lanjutan akan sangat bergantung
pada baik tidaknya hasil analisis.
Bagian-Bagian Analisis
Analisis
Masalah
Analisis
Kelemahan
Analisis
Kebutuhan Pengembangan Sistem
Analisis
Kelayakan
Desain Atau Perancangan
Desain
perangkat lunak adalah tugas, tahapan atau aktivitas yang difokuskan pada
spesifikasi detil dari solusi berbasis computer (Whitten et al, 2004).
Desain
perangkat lunak sering juga disebut sebagai physical design. Jika tahapan
analisis sistem menekankan pada masalah bisnis (business rule), maka sebaiknya
desain perangkat lunak fokus pada sisi teknis dan implementasi sebuah perangkat
lunak (Whitten et al, 2004).
Output
utama dari tahapan desain perangkat lunak adalah spesifikasi desain.
Spesifikasi ini meliputi spesifikasi disain umum yang akan disampaikan kepada
stakeholder sistem dan spesifikasi disain rinci yang akan digunakan pada tahap
implementasi.
Spesifikasi
desain umum hanya berisi gambaran umum agar stakeholder sistem mengerti akan
seperti apa perangkat lunak yang akan dibangu
Desain
arsitektur rinci perangkat lunak diperlukan untuk merancang sistem sehingga
memiliki konstruksi yang baik, proses pengolahan data yang tepat dan akurat,
bernilai, memiliki aspek user friendly dan memiliki dasar-dasar untuk
pengembangan selanjutnya.
Desain
arsitektur ini terdiri dari desain database, desain proses, desain user
interface yang mencakup desain input, output form dan report, desain hardware,
software dan jaringan.
Implementasi
(Coding)
adalah
tahapan menerjemahkan hasil disain logis dan fisik ke dalam kode-kode program
computer
Post a Comment
Silahkan Berkomentar Dengan Baik dan Sopan
No Spam
No Link
Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog ini