Belajar Instalasi Apache2, PHP5 Dengan Dukungan MySQL Pada Ubuntu

Assalamualaikum sahabat ikut belajar blog, sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada sahabat-sahabat yang telah berkunjung pada blog Ikut Belajar, blog yang sederhana ini tidak seperti blog-blog lainnya. yaps mari kita mulai belajarnya. kita lanjut sekarang Belajar Instalasi Apache2 Php5 Dengan Dukungan MySQL Pada Ubuntu

LAMP adalah singkatan dari Linux, Apache, MySQL, PHP. Tutorial ini menunjukkan bagaimana Anda dapat memasang webserver Apache2 pada Ubuntu 13.04 server dengan PHP5 support (mod_php) dan dukungan MySQL.

1. Pendahuluan
Dalam tutorial ini saya menggunakan server1.example.com nama host dengan alamat IP 192.168.0.100. Pengaturan ini mungkin berbeda untuk Anda, jadi Anda harus mengganti mereka di mana perlu. saya sedang menjalankan semua langkah dalam tutorial ini dengan hak akses root, jadi pastikan Anda login sebagai root:

sudo su

2. Instalasi MySQL 5
Pertama kita menginstal MySQL 5 seperti ini:
apt-get install mysql-server mysql-client

Anda akan diminta
untuk memberikan password untuk user root MySQL - password ini berlaku untuk user root @ localhost serta root@server1.example.com, jadi kita tidak perlu menentukan password root MySQL secara manual di kemudian hari :

Password baru untuk MySQL "root" user: <- yourrootsqlpassword
Ulangi password untuk MySQL "root" user: <- yourrootsqlpassword

3. Instalasi Apache2
Apache2 tersedia sebagai paket Ubuntu, oleh karena itu kita dapat menginstalnya seperti ini:
apt-get install apache2

Sekarang
langsung browser Anda untuk http://192.168.0.100, dan anda akan melihat halaman placeholder Apache2 (It works!):

Apache
default document root adalah / var / www pada Ubuntu, dan file konfigurasi / etc/apache2/apache2.conf. Konfigurasi tambahan disimpan dalam subdirektori dari direktori / etc/apache2 seperti / etc/apache2/mods-enabled (untuk modul Apache), / etc/apache2/sites-enabled (untuk virtual host), dan / etc/apache2/conf . d.

4 . Instalasi PHP5
Kita dapat menginstal PHP5 dan Apache PHP5 modul sebagai berikut:
apt-get install php5 libapache2-mod-php5
Kita harus me-restart Apache setelah itu:
/ etc/init.d/apache2 me-restart

5. Pengujian PHP5 / Mendapatkan Detail Tentang Instalasi PHP5 Anda
Akar dokumen situs web default adalah / var / www. Sekarang kita akan menciptakan sebuah file PHP kecil (info.php) dalam direktori tersebut dan menyebutnya dalam browser. File akan menampilkan banyak rincian yang berguna tentang instalasi PHP kita, seperti versi PHP diinstal.
vi / var / www / info.php

<? php
phpinfo ();
?>
Sekarang
kita sebut file tersebut dalam browser (misalnya http://192.168.0.100/info.php):
Seperti yang Anda lihat
, PHP5 bekerja, dan itu bekerja melalui Apache 2.0 Handler, seperti ditunjukkan pada baris Server API. Jika Anda menggulir ke bawah, Anda akan melihat semua modul yang telah diaktifkan pada PHP5. MySQL tidak terdaftar di sana yang berarti kita tidak memiliki dukungan MySQL di PHP5 belum.

6. Mendapatkan Dukungan MySQL PHP5

Untuk mendapatkan dukungan MySQL di PHP, kita dapat menginstal paket php5-mysql. Ini adalah ide yang baik untuk menginstal beberapa modul PHP5 lainnya serta Anda mungkin membutuhkannya untuk aplikasi Anda. Anda dapat mencari modul PHP5 yang tersedia seperti ini:

apt-cache search
php5

Pilih yang Anda butuhkan dan menginstalnya seperti ini:

apt-get install php5-mysql php5-ikal php5-gd php5-intl php-pear php5-imagick php5-imap php5-mcrypt php5-memcache php5-ming php5-ps php5-pspell php5-recode php5-snmp php5-sqlite php5 -rapi php5-xmlrpc php5-xsl

Sekarang restart
Apache2:

/
etc/init.d/apache2 me-restart
Xcache adalah PHP opcode cacher bebas dan terbuka untuk caching dan mengoptimalkan kode menengah PHP. Ini mirip dengan cachers opcode PHP lainnya, seperti eAccelerator dan APC. Hal ini sangat dianjurkan untuk memiliki salah satu diinstal untuk mempercepat halaman PHP Anda.
Xcache dapat diinstal sebagai berikut:

apt
-get install php5-xcache
Sekarang restart Apache:
/ etc/init.d/apache2 me-restart
Sekarang ulang http://192.168.0.100/info.php di browser Anda dan gulir ke bawah ke bagian modul lagi. Anda sekarang harus menemukan banyak modul baru di sana, termasuk modul MySQL:

7.  phpMyAdmin

phpMyAdmin adalah antarmuka web di mana Anda dapat mengelola database MySQL Anda. Ini adalah ide yang baik untuk menginstalnya:
apt-get install phpmyadmin
Anda akan melihat pertanyaan-pertanyaan berikut:
Web server untuk mengkonfigurasi ulang secara otomatis: <- apache2
Konfigurasi database phpmyadmin dengan dbconfig-umum? <- Tidak ada
Setelah itu
, Anda dapat mengakses phpMyAdmin di bawah http://192.168.0.100/phpmyadmin/:

8. Links


Selamat Mencoba...

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Baik dan Sopan
No Spam
No Link

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog ini