Belajar Membuat Efek Tulisan Bergerak Pada Blog

Assalamulaikum sahabat ikut belajar blog, sudah lama ya kita tidak Belajar, gara uas jadi gak sempat ngaseh materi dech. di postingan sebelumnya kita sudah Belajar Membuat Web Personal sederhana sekarang kita Belajar Membuat Tulisan Bergerak pada Blog, langsung ke TKP.





Marquee
Marquee adalah salah satu bentuk modifikasi tulisan di blog adalah dengan membuat efek teks yang bisa bergerak. Bisa dari kanan ke kiri, atau dari atas ke bawah dan sebaliknya. Teks efek ini disebut marquee, untuk lebih jelasnya pengertian dari Marquee adalah bahasa HTML untuk memberikan efek sebuah kata atau kalimat menjadi berjalan atau bergerak. Marquee ini mempunyai  daya  tarik  tersendiri  karena  animasi  berjalan/bergeraknya  tersebut,  selain  itu penggunaan marquee ini bisa menghemat tempat pada sebau blog atau web.
Berikut beberapa versi marquee.

1.   Marquee 1.0
Marquee 1.0 ini merupakan marquee standar agar teks Anda bisa berjalan secara default (dari kanan ke kiri).

Tag Html
<marquee>Teks Anda</marquee>

2.   Marquee 1.0.1
Marquee 1.0.1 adalah pengembangan dari 1.0, keistimewaannya jika Anda arahkan mouse pada teks tersebut maka dia akan istirahat dan berhenti.

Tag Html
<marquee   onmouseover="this.stop()"   onmouseout="this.start()">Teks
Anda</marquee>

3.   Marquee 1.0.2
Marquee 1.0.2 jika Anda menggunakan teks Arabic yang dimulai dari kanan ke kiri,  maka Anda membutuhkan Marque ini yang berjalan sebaliknya; dari kiri ke kanan,
Tag Html
<marquee   direction="right">Teks Anda</marquee>

4.   Marquee 2.0
Marquee 2.0 Marquee ini tidak memiliki kemampuan magic dari marquee sebelumnya yang bisa menembus ruang, Marquee 2.0 ini kerjaannya bolak-balik dari ruang kotak yang kasat mata.

Tag Html
<marquee   behavior="alternate">Teks Anda</marquee>

5.   Marquee 2.0.1 Marque 2.0.1 Pengembangan dari marquee sebelumnya, dengan pancingan scrollamount dia menjadi sangat agresif :)
Tag Html
<marquee   behavior="alternate"   scrollamount="18">Teks Anda</marquee>

6.   Marquee 2.0.2 Marquee 2.0.2 Masih pengembangan dari Marquee 2.0 dengan sentuhan on-mouse-over stop dan on-mouse-out start, seperti marquee 1.0.1 jika Anda arahkan mouse pada teks maka dia akan berhenti.
Tag Html
<marquee   behavior="alternate"   onmouseover="this.stop()"
onmouseout="this.start()">Teks Anda</marquee>


7.   Marquee 3.0
Marquee 3.0 Dia adalah marquee climbing, marquee pendaki ini suka sekali ketinggian, sehingga kita lihat arah teksnya pun ke atas (up) :). Jika Anda memiliki teks yang banyak, maka marquee ini merupakan pilihan yg tepat dan sangat cocok.
Tag Html
<marquee   direction="up">Teks Anda</marquee>

8.   Marquee    3.0.1
Marquee 3.0.1 Pengembangan dari marquee sebelumnya yang tidak mempunyai batas ruang,  marquee  ini  kita  batasi  ruang  kasatnya  sehingga  memliki  height  100  saja. Demikian  dengan  kemampuan  scrollamountnya  kita  perlambat.  Dan  kita  kasih  on mouse stop/start juga.
Tag Html
<marquee   direction="up"   onmouseover="this.stop()"   width="100%"
scrollamount="2"   onmouseout="this.start()"   height="100">Teks
Anda</marquee>

9.   Marquee 3.0.2
Marquee 3.0.2 Masih pengembangan dari marquee sebelumnya, hanya saja teks berada di tengah ruang kasat.

semoga Bermanfaat...

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Baik dan Sopan
No Spam
No Link

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog ini