Mendeteksi Komputer Yang Terinfeksi Virus

Mungkin hal yang paling disayankan adalah saat komputer telah diinstal antivirus yang terus update, tetapi masih ada saja virus yang mampu masuk dan menginfeksi sistem. Bisa saja antivirus tadi tidak mampu mendeteksi virus, worm atau Trojan terbaru.

Memang tidak ada perangkat lunak perlindungan antivirus memberikan jaminan keamanan lengkap 100% . Jika komputer Anda tidak terinfeksi, Anda perlu menentukan fakta infeksi, mengidentifikasi file yang terinfeksi dan mengirimkarinya kepada vendor yang produknya tidak terjawab program jahat dan gagal melindungi komputer Anda.

Namun, kenyataannya banyak pengguna tidak bisa mendeteksi bahwa komputer mereka mendapat terinfeksi kecuali dibantu oleh solusi antivirus. Banyak worm dan Trojan biasanya tidak mengungkapkan kehadiran mereka dengan cara apapun.

Dengan pengecualian, beberapa Trojan yang menginformasikan pengguna secara langsung bahwa komputer mereka telah terinfeksi – mereka dapat mengenkripsi file pribadi pengguna. Namun, Trojan biasanya menginstal sendiri diam-diam di sistem, sering menggunakan metode penyamaran khusus dan juga diam-diam melakukan aktivitasnya. Jadi, fakta infeksi dapat dideteksi dengan bukti tidak langsung.

Gejala Infeksi

Peningkatan lalu lintas web adalah indikasi umum dan infeksi, mi berlaku untuk kedua komputer pribadi dan jaringan. Jika tidak ada pengguna bekerja di Internet dalam periode waktu tertentu (misalnya pada malam han), tetapi Ialu lintas web berjalan terus, mi bisa berarti bahwa seseorang atau qrang lain yang aktif pada sistem, dan kemungkinan besar itu adalah aktivitas berbahaya.

Dalam firewall yang dikonfigurasi dalam sistem, upaya oleh aplikasi tidak diketahui telah membangun koneksi Internet. Jendela iklan banyak bermunculan saat mengunjungi situs web mungkin menandakan bahwa adware hadir di dalam sistem. Jika komputer sening frezze (beku) atau crash sering, mi mungkin juga terkait dengan aktivitas malware. Malfungsi tersebut lebih sering dicatat dengan malfungsi hardware atau software daripada aktivitas virus. Namun, jika gejala yang sama secara bersamaan terjadi pada beberapa komputer atau pada jaringan, disertai dengan peningkatan yang dramatis dalam lalu lintas internal, hal mi sangat mungkin disebabkan oleh worm jaringan atau Trojan backdoor yang menyebar melalui jaringan.

lnfeksi dapat juga secara tidak langsung dibuktikan oleh gejala terkait, seperti tagihan untuk panggilan telepon yang tidak pernah digunakan atau pesan SMS yang kita tidak merasa menginim. Faktafakta tersebut mungkin menunjukkan bahwa Trojan telepon aktif di komputer atau ponsel.

Apa yang harus dilakukan???

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa database antivirus yang up-to- date dan melakukan scan pada komputer Anda. Jika mi tidak membantu, solusi antivirus dan vendor lair’ mungkin mampu membantu. Banyak produsen dan solusi anti-virus menawarkan versi gratis produk mereka untuk dicoba atau melakukan scan gratis. Disarankan Anda untuk menjalankan salah satu produk pada mesin Anda.

Jika mendeteksi virus atau Trojan, pastikan Anda mengirimkan copy dan file yang terinfeksi ke produsen solusi antivirus yang gagal mendeteksi itu. ni akan membantu vendor mi lebih cepat mengembangkan perlindungan terhadap ancaman mi dan melindungi pengguna lain menjalankan antivirus mi dan terinfeksi.

Jika antivirus alternatif tidak mendeteksi malware, disarankn bahwa Anda putuskan komputer Anda dan Internet atau jaringan lokal, menonaktifkan koneksi Wi-Fi dan modem, jika ada, sebelum Anda mulai mencari file yang terinfeksi. Jangan menggunakan janingan kecuali sangat dibutuhkan. Jangan gunakan sistem pembayaran web atau Iayanan internet banking dalam kondisi apapun.

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Baik dan Sopan
No Spam
No Link

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog ini